Kontak Batin Saat Bercerita? Apa Maksud Hal Tersebut?

Kontak batin? Apa maksudnya?

Dengan dongeng, terjadi kontak batin antara pendongeng dengan pendengarnya. Dongeng yang baik, apabila pendengar dapat menikmati dongeng yang kita bawakan, dongeng yang kurang baik, apabila pendengar kita tidak memperhatikan, tidak memahami dan tidak tertarik dengan dongeng yang kita bawakan.

Dongeng yang baik akan terjadi kontak batin, ini akan lebih memudahkan pendongengnya memberikan materi, pesan-pesan, yang tentunya pesan yang baik kepada pendengarnya.

Dampak positif yang paling penting dari kontak batin adalah :

1. Dongeng kita akan didengar dan diperhatikan

2 Kita akan disayang dan menjadi lebih dekat dengan pendengarnya

3. Kita akan dipercaya dan diteladani (kata-kata, nasehat dan tingkah laku kita)

Sebagai orang tua kadang kita merasa enggan untuk mendongeng di depan anak kita, atau kita enggan untuk mendongeng saat anak kita merengek-rengek minta didongengkan dengan berbagai alasan : malas, tidak punya waktu, nggak punya buku cerita, nggak punya bahan cerita dan sebagainya.

Padahal kalau kita bisa menjadikan dongeng ini menjadi salah satu media kontak batin terhadap anak, kita menjadi lebih dekat dengan anak kita. Disisi lain kita akan lebih mudah mengarahkan, memberi nasehat, mendidik anak kita karena kita sudah sangat dekat dengan anak kita.


Cetak